Terkait Liga Lelucon, Petinggi Madura United Minta Maaf

Beritaboladunia.net – Manajer Madura United, Haruna Soemitro telah meminta maaf atas kepercayaan yang kontroversial setelah pertandingan Madura United kontra Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bangkalan, 8 November lalu. Pada waktu itu, Haruna mengatakan bahwa Bhayangkara FC sudah memenangkan liga lelucon dan mencoba menghalalkan segala cara untuk juara. Selain itu, Haruna juga menuding ada kriminalisasi sepakbola yang dilakukan sejumlah oknum.

“Saya hampir 20 tahun berkecimpung di sepakbola mengurus klub dan asosiasi provinsi (asprov), baik amatir dan profesional. Saya merasa ini adalah kompetisi yang luar biasa atmosfernya,” bukanya, kepada awak media setelah laga PSM Makassar melawan Madura United di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (12/11) malam.

“Di dalam perkembangannya, ada dinamika emosi seperti senang, susah, dan marah. Emosi itu diekspresikan dengan segala cara, puncak ekspresi itu mungkin kemarin pada pekan ke-33 saat menjadi tuan rumah melawan Bhayangkara.”

“Ada pernyataan saya yang tentu tidak ada satu pun niat, tidak ada satu pun kesengajaan untuk menyinggung (sebuah) institusi. Tetapi apapun itu, apabila kemudian institusi-institusi yang kemudian saya juga tidak menyebutkan itu merasa tersinggung, melalui ini secara pribadi dan manajemen saya meminta maaf atas pernyataan itu,” tambah eks manajer Persebaya Surabaya tersebut.

Menurutnya, pernyataan yang disampaikan tersebut berdasarkan dinamika manusiawi yang terbawa pada emosi saat pertandingan tersebut. Pria berusia 53 tahun tersebut juga sempat terkejut dengan kultur baru yang memasuki persepakbolaan Tanah Air. Namun pada akhirnya, dirinya menilai Bhayangkara pantas dinobatkan sebagai juara musim ini.

“Mungkin saya bagian dari kultur lama sepakbola Indonesia. Kemudian ada kultur baru yang kemarin sempat membuat kaget kita. Di mana kemudian prosedur operasional standar yang lama dalam penanganan kepanpelan itu kemudian harus disesuaikan,” ujarnya.

“Faktanya, sekarang Bhayangkara sudah juara dan saya ucapkan selamat kepada mereka yang sudah menjuarai kompetisi yang ketat dan keras ini. Fakta itu mari kita hormati dan mari kita sambut dan songsong kompetisi ke depan menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.