Dianggap Memprovokasi Penonton, Hamka Hamzah Didenda Rp 75 Juta

Beritaboladunia.net – Komisi Disiplin PSSI sudah menetapkan sanksi yang dijatuhkan kepada bek sekaligus kapten PSM Makassar, Hamka Hamzah. Komdis PSSI menetapkan larangan sanksi bermain dalam dua laga berikutnya dan denda hingga Rp 75 juta kepada Hamka Hamzah.

Komdis PSSI memberikan sanksi tegas kepada Hamka Hamza buntut dari kericuhan laga PSM Makassar ketika bertandang ke markas Persib, Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Hamka Hamzah kedapatan memprovokasi fans pendukung Persib dengan tindakan kurang terpuji, imbasnya Bobotoh terpancing emosi dan melempari botol air mineral ke dalam lapangan.

Asep Edwin, Ketua Komdis PSSI sudah melakukan penyidikan lebih lanjut terhadap pelanggaran yang dilakukan Hamka Hamzah. Mantan bek Persija tersebut memang terbukti melakukan pelanggaran dan layak mendapatkan sanksi dari Komdis PSSI.

“Dan kami simpulkan memang Hamka melakukan 2 kali (pelanggaran). Pertama (maaf) mengacungkan‎ jari tengah dan kedua yang itu (Jari telunjuk dan jempol, simbol Sajete),”jelas Asep, Senin (17/07).

Asep menyatakan memberikan sanksi Hamka Hamza sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, meski Asep tidak mengingat bunyi pasalnya.

“Tapi saya lupa (pasal berapa),”katanya lagi.

PSM Makassar dipastikan akan mengajukan banding, namun Asep enggan berkomentar terkait banding PSM. Komdis PSSI hanya membuat sanksi terkait pelanggaran pemain dan akan di limpahkan ke Komisi Banding jika pihak PSM melayangkan banding.

“Itu urusan komisi banding,” ujar Asep sebelum mengakhiri pembicaraan.‎‎

Hamka Hamzah berbesar hati terhadap hukuman yang harus dijalaninya tersebut, diungkap dalam akun Instagram resmi hamka23hamzah dirinya menuliskan, “Saya menerima dengan lapang dada dan ikhlas sanksi yg saya terima. Dan saya akan instrospeksi diri agar kedepan lebih bisa menahan emosi lagi.”