Komitmen Wasit Asal Bekasi Untuk Tegakkan Aturan di Lapangan

Beritaboladunia.net – Wasit Liga 1 Indonesia memang masih menjadi polemik yang dikeluhkan seluruh peserta tim, peran wasit memang penting bagi kelancaran jalannya pertandingan selain memimpin pertandingan mereka juga harus dipastikan adil dalam memberikan keputusan sesuai dengan situasi yang terjadi.

Salah satu wasit Liga 1 asal Bekasi, Nusur Fadilah yang punya keputusan tegas di lapangan. Dirinya memang termasuk salah satu wasit terbaik di Liga 1 karena punya kinerja cepat, dan  tidak segan akan mengganjar kartu kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras.

“Bagi saya, tidak ada toleransi kepada seorang pemain jika melakukan pelanggaran yang keras. Langsung kartu,” ujar Nusur Fadilah saat ditemui Indosport, sebelum laga Arema FC kontra Sriwijaya FC di Malang beberapa waktu lalu.

Kartu merah terakhir Nusur diberikan kepada Yu Hyun-koo di babak kedua karena melanggar keras pemain Arema FC, sebelumnya pemain Korea Selatan tersebut memang mendapat kartu kuning di babak pertama.

“Tapi, saya tidak langsung saja menjatuhkan kartu. Saya kasih tahu dulu secara persuasif, agar pemain tahu tingkat kesalahannya,” bebernya.

Meski mendapat pengetahuan berbahasa Inggris, namun kendala masih ditemui di lapangan. Semua pemain asing di Liga 1 belum tentu semua bisa berbahasa Inggris dan hal itu menjadi persoalan komunikasi Nusur terhadap pemain asing yang kerap kali bertindak tidak mengenakan.

“Kita semua wasit di Liga 1, sudah dibekali ilmu Bahasa Inggris agar menjalankan komunikasi semakin mudah,” paparnya.

“Tapi jika pemain asingnya tidak bisa Bahasa Inggris, ya saya cukup melihat dari perilakunya di lapangan. Kalau tidak mengenakkan, pasti saya dekati dan tanya apa maunya,” sambung wasit yang memimpin Final Piala Bhayangkara tahun 2016 lalu tersebut.