Sederet Pemain Indonesia Disebut Bakal Hengkang Ke Malaysia dan Thailand

Beritaboladunia.net – Malaysia dan Thailand bisa jadi destinasi baru para pemain tanah air untuk berkarier pada musim depan.

Ini karena, Malaysia Super League dan Thai League 1 akan menyertakan kuota pemain asing asal Asia Tenggara musim depan.

Hal tersebut didapat dari mantan asisten pelatih Navy FC yang kini melatih Persipura, Wanderley Junior.

“Musim depan Liga Thailand akan punya regulasi baru untuk pemain asing asal Asia Tenggara, Liga Malaysia juga,” ujar pelatih yang sempat berkarier bersama klub Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Sementara itu mantan pelatih Chiangrai United yang saat ini menangani Persija Jakarta, Stefano “Teco” Cugurra menyebut pemain muda seperti Febri Hariyadi (Persib) dan Rezaldi Hehanusa (Persija) akan mampu bersaing di Thailand dan Malaysia.

“Febri pemain hebat, dia punya kecepatan dan skilfull. Febri sangat bisa bersaing di Liga Thailand terutama dalam posisi sayap.”

“Rezaldi juga bisa saja bersaing di Liga Thailand tapi rasanya jarang klub Thailand yang mencari pemain asing di posisi nya Rezaldi. Klub Thailand lebih cenderung berburu pemain di depan atau gelandang,” ujar mantan pelatih fisik Persebaya itu.

Sementara itu mantan pemain timnas yang juga mantan pemain Selangor FA, Elie Aiboy menyebut Evan Dimas dipastikan akan berkarir di Malaysia.

Ketika dikaitkan dengan mantan klubnya, Elie belum tahu klub mana yang akan Evan tuju.

Akan tetapi, Elie menyebut Melaka United punya kans untuk mendapatkan mantan pemain Persebaya itu.

“Saya cuma bilang sama Evan, selamat dan hati-hati di Malaysia,” ujar eks pilar Semen Padang itu.

Elie yang kini tengah disibukan mencari pemain-pemain Indonesia untuk bermain ke Malaysia juga menyebut nama penjaga gawang Borneo FC, Muhammad Ridho.

Diakui Elie, banyak klub Malaysia yang berminat pada kiper yang mengoleksi jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 itu.

“Kalau saya memang mau bawa Ridho karena memang sudah ada peminatnya di sana,” ujar Elie

Berkariernya pemain Indonesia di Malaysia dan Thailand memang bukan hal baru.

Sebelum Victor Igbonefo (Nakhon Ratcahsima) dan Andik Vermansah (Selangor), nama-nama seperti Irfan Bachdim (Chonburi) adalah pemain-pemain yang sempat mencicipi Malaysia Super League dan Thai League 1.

Selain itu, ada juga nama Sergio van Dijk (Suphanburi), Greg Nwokolo (Chiangrai), Hamka Hamzah (PKNS), Patrich Wanggai (T-Team), dan Bambang Pamungkas (Selangor).