Dukungan Penuh Barcelona Agar Katalunya Lepas Dari Spanyol

Beritaboladunia.net – Barcelona memberikan dukungan penuh atas keinginan Katalunya untuk merdeka dari Spanyol.

Katalunya sendiri juga sudah lama ingin memisahkan diri dari pemerintahan Spanyol. Setelah sempat tenggelam, isu kemerdekaan Katalunya kembali mencuat sejak 2015.

Pada Juni lalu, Pemerintah Daerah Katalunya mengumumkan penyerahan kemerdekaan yang digelar pada 1 Oktober 2017. Hal tersebut membuat hubungan Katalunya dengan Pemerintah Spanyol memanas.

Hal tersebut berimbas kepada Barcelona karean terancam dicoret dari La Liga. Meski begitu, Barcelona tidak gentar dengan ancaman itu justru mereka mendukung kemerdekaan Katalunya.

“Di tengah kondisi politik di Katalunya, FC Barcelona tetap setia dengan komitmen untuk mempertahankan negara, demokrasi, kebebasan berpendapat, dan perjuangan nasib, mengutuk segala sikap yang melarang hal tersebut,” tulis Barcelona di situs resmi klub.

“Barcelona menyatakan dukungan kepada seluruh manusia, entitas, dan institusi yang bekerja untuk memperjuangkan hal tersebut. Barcelona dan semua pihak yang terkait akan terus mendukung penduduk Katalunya dengan cara damai dan teladan,” lanjut tulisan tersebut.