Talenta Rooney Telah Dipantau Ferguson Sejak Usia 14 Tahun

Talenta Rooney Telah Dipantau Ferguson Sejak Usia 14 Tahun

Manchester – Pelatih legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengatakan bahwa dirinya telah memantau potensi Wayne Rooney sejak usianya masih 14 tahun dan sempat mengalami kesulitan ketika mencoba untuk memboyongnya dari Everton.

Setan Merah merekrut Rooney dari Goodison Park pada tahun 2004 lalu. Saat itu, klub asal kota Manchester tersebut harus menebusnya senilai 25 juta Pounds.

Saat diboyong dari Everton, usia Rooney 19 tahun. Namun meski masih remaja, pemain bertubuh gempal itu bisa beradaptasi dengan skuat Setan Merah. Dan ia menjelma menjadi salah satu striker terhebat dalam sejarah MU.

“Jim Ryan (saat itu pelatih tim cadangan United) pertama ditandai Wayne ketika ia berusia 14 tahun. Tapi sistem Akademi pada waktu itu sangat sulit. Anda hanya bisa mendapatkan pemain dari Akademi lain dalam satu jendela transfer di akhir bulan Mei,” kenang manajer asal Skotlandia itu pada majalah MU (11/07/2017).

“Dalam kasus Wayne, tidak ada kesempatan pada saat itu. Kemudian, saat berusia 16 tahun, kami mencoba lagi tapi ia ingin bertahan di Everton. Ia adalah penggemar Everton, ia berasal dari Liverpool, itu bisa dimengerti,” tutur Ferguson.

“Tapi ketika saya kemudian mendapatkan (mantan manajer Everton) Walter Smith sebagai asisten saya, Walter berkata kepada saya, “Anda harus merekrut anak muda ini. Ia adalah pemain muda terbaik di Inggris sejauh ini. Ia akan menjadi pemain yang benar-benar hebat,” serunya. (Edy – beritaboladunia.net)