Teknologi FieldWiz Muncul Ditengah Laga Sepakbola, Untuk Apa ?

Beritaboladunia.net – Setelah VAR (Video Asisstance Referee), muncul kembali teknologi baru dalam dunia sepakbola. Kali ini teknologi bernama FieldWiz sebagai teknologi dalam dunia sepakbola dan berhasil dikembangkan oleh perusahaan Swiss Advanced Sport Instrument (ASI). FieldWiz didesain menyerupai β€˜bra’ dan dilengkapi dengan sensor gerak dan GPS yang akan dikenakan para pemain.

CEO ASI, Julian Moix yang mengembangkan teknologi FieldWiz ke dalam dunia sepakbola. Sejak dua tahun muncul, sudah ada dua klub Perancis seperti Estrac Troyes dan Stade Rennes sudah lebih dulu menggunakan teknologi tersebut kemudian ada juga bintang sepakbola wanita asal Amerika Serikat, Alex Morgan juga ikut dalam menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi ini pertama kali diprakarsai oleh Lionel Yensin, seorang paraglider. Yensin lebih dulu mengembangkan alat bernama FlyNet, awalnya Yensin hanya ingin melacak jalur penerbangannya hingga akhirnya berkembang sebagai penanda panas dari laju angin.

Hingga akhirnya FieldWiz muncul ke dalam teknologi dunia sepakbola, dan akan berhubungan langsung dengan 30 alat lain. ASI juga berinovasi untuk para pelatih dan pengamat sepakbola mudah dalam penggunaaan FieldWiz, mereka mengembangkan teknologi tersebut disertai dengan GPS dan alat komunikasi yang berintegrasi dengan jaringan satelit ataupun jaringan seluler.

“Saya pikir disana kita akan menekan pengembangannya, untuk memanfaatkan sensor gerakan ditambah dengan kemampuan GPS”, jelas Moix.

FieldWiz sendiri diyakini sebagai teknologi baru untuk membantu pelatih memantau para pemainnya di lapangan. Mereka mampu melihat pergerakan para pemainnya dan kondisi dari sang pemain, berbeda denganVAR yang digunakan lebih kepada pengembangan jalannya sebuah pertandingan.