Hoffenheim Gunakan Teknologi Videowall Untuk Pantau Latihan Pemain

Beritaboladunia.net – Era latihan baru akan segera dimulai dengan teknologi, kali ini adalah tim asal Bundesliga Jerman, Hoffenheim yang akan memperkenalnya teknologi Videowall dalam sesi latihan mereka. Teknologi ini akan menjadi pencetus perkembangan sepakbola dunia jika sukses dilaksanakan oleh Hoffenheim dalam prestasi mereka musim depan.

Videowall menggunakan empat kamera dan monitor besar yang berukuran 6m X 3m, teknologi ini menempatkan dua kamera yang dipasang di tower yang berada di tengah lapangan dan sisanya masing-masing akan dipasang di belakang gawang. Tujuannya akan memonitor pergerakan pemain secara maksimal. Teknologi ini akan dikendalikan oleh sebuah Ipad yang dipegang oleh sang manajer.

Manajer muda, Julian Nagelsmann yang memperkenalkan sesi latihan modern tersebut. Nagelsmann masih mencoba teknologi tersebut untuk prestasi Hoffenheim musim depan dan jika terbukti sukses Hoffenheim bisa memanfaatkan kualitas pemain secara penuh meski tetap akan mendapatkan instruksi dari dirinya.

Nagelsmann mengatakan: “Jika sistem ini terbukti, kami bisa membebaskan pemain di sepanjang pertandingan, namun tetap menunjukkan mereka solusi,” ujarnya dikutip dari laman resmi Bundesliga.

“Untuk ini, saya punya iPad di tangan yang bisa saya gunakan untuk mengontrol kamera. Ketika saya menghentikan situasi [latihan], saya punya kesempatan untuk menjelaskan solusi dan masukan guna meningkatkan semua pemain lewat iPad.”

Teknologi ini memang masih dalam tahap uji coba namun jika terbukti berhasil maka bisa dipastikan akan menjadi pencetus era baru dalam kemajuan tim.

Terkait Nagelsmann merupakan manajer muda asal Jerman yang sudah melatih tim profesional di kasta utama sepakbola Jerman. Usianya baru menginjak 29 tahun dan sudah berhasil membawa Hoffenhheim tampil di Liga Champion musim depan.