Rusia Belum Kantongi Lisensi Siaran Piala Dunia 2018

Beritaboladunia.net – Perhelatan Piala Dunia 2018 sudah akan digelar setahun lagi namun dikabarkan masih banyak media di dunia belum mendapatkan hak resmi menyiarkan langsung kompetisi akbar di dunia tersebut. Yang mengejutkan dari sebagian negara yang belum mendapatkan hak siar terdapat salah satunya adalah Rusia.

Rusia sendiri notabene adalah tuan rumah kompetisi yang menghadirkan negara-negara terbaik untuk berkompetisi. Tapi pihak Rusia enggan membayar hak resmi menyiarkan langsung Piala Dunia 2018 tersebut, mereka menilai FIFA mematok harga yang tidak wajar untuk hanya mendapatkan hak siar resmi.

Sejumlah media Rusia seperti Piervy Kanal (Channel One Russia), Telekanal Rossiya (Rossiya-1), dan Gazprom-owned NTV (HTB) hanya ingin membayar sepertiga dari tawaran yang diajukan FIFA. Kesepakatan tersebut masih belum terjadi dan masih dalam proses negosiasi.

“Mereka menuntut 120 juta dolar untuk menyiarkan keseluruhan turnamen, tapi kami tak memiliki uang sebanyak itu. Paling banyak kita bisa membayar antara 38 dan 40 juta dolar,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Vitaly Mutko seperti dilansir AS, Kamis (06/07)

Alexander Faifman, Kepala Produksi di Channel One, menambahkan, “Ini adalah jumlah yang berlebihan dan terlalu tinggi dan sama sekali tidak pantas.”

Sejak tahun 2014 lalu, FIFA memang sudah menaikkan harga hak siar resmi Piala Dunia. Grup Globo Brazil sukses menjadi penyiar resmi tuan rumah kala itu. Terhitung sudah 134 negara yang akan menyiarkan langsung perhelatan Piala Dunia 2018.

Di Jerman, ADF dan ARD resmi menyiarkan laga Piala Dunia 2018. Kemudian BBC dan ITV akan menyiarkan Piala Dunia 2018 di Inggris. Perancis akan diwakili oleh TF1 dan BeIN Sports untuk menyiarkan kompetisi tersebut. Amerika Serikat akan menyiarkan melalui Fox dan Telemundo.