Jelang Laga, Bagaimana Cara Italia Meredam Messi ?

Jelang Laga, Bagaimana Cara Italia Meredam Messi ?

Roma – Timnas Italia akan melakoni laga uji coba melawan Argentina di Etihad Stadium, Sabtu (24/03) mendatang. Dalam laga tersebut, kedua tim membawa skuat terbaik mereka, tentu bagi Italia akan harus waspada dengan pergerakan Lionel Messi sebagai mega-bintang Argentina.

Pelatih caretaker Italia, Luigi Di Biagio pun tidak akan membiarkan Messi menjadi mimpi buruk debutnya menangani negaranya dan kemungkinan ada tiga taktik yang akan diterapkannya dalam laga nanti.

Gelandang Jangkar

Dengan dikenal memiliki gaya permainan Catenaccio, Italia juga merupakan salah satu penghasil gelandang bertahan terbaik di Eropa. Peran ini yang bisa menjadi kunci untuk meredam pergerakan Messi pertama kali.

Diketahui sebagai motor serangan timnya, Messi akan memulai serangan dari lini tengah dan sejak saat itu sudah lebih dulu harus diantisipasi oleh jangkar tangguh Italia. Peran ini kemungkinan akan dipercayakan kepada Jorginho untuk mengawal Messi.

Permainan Melebar

Italia bisa memanfaatkan para winger mereka dalam menyerang, pergerakan pemain Argentina pun bisa dipastikan kocar kacir jika ditenggarai Messi sebagai motor serangan. Pasalnya, posisi mereka juga otomatis ikutan melebar dan menyulitkan Messi untuk menusuk jantung pertahanan Italia dari tengah lapangan.

Di saat bersamaan, pemain di lini tengah Italia bisa ikut memagari pertahanan untuk mengawal Messi.

Parkir Bus

Catenaccio tidak merujuk fokus Italia untuk selalu menyerang, para pemain akan cenderung memanfaatkan penguasaan bola di lini belakang. Untuk semakin mensukseskan taktik ini, pemain di lini pertahanan pun bisa diisi oleh enam pemain, empat di posisi bek dan dua gelandang jangkar.

Bahkan Italia juga memiliki banyak striker dengan peran Defensive Forward, striker yang dikondisikan bisa menjadi bek jika diserang lawan.  Dengan semakin rapatnya pertahanan, Messi pun sulit untuk memanfaatkan ruang dalam membangun serangan timnya.

Baca Juga : Vazquez : “Akan Sulit Meladeni Juventus”

(frank – Beritaboladunia.net)