Presiden FIFA : “Piala Dunia 2018 Bukan Ajang Perang Antarsuporter”

Presiden FIFA :

Zurich – Presiden FIFA, Gianni Infantino tidak mengharapkan aksi Hooliganisme kembali terjadi di Piala Dunia 2018. Tujuan semula kompetisi digelar hanya semata untuk menghadirkan persaingan panas di lapangan, bukan menghasilkan kerusuhan di dalam stadion.

Saat ini pihaknya hanya bertujuan supaya Piala Dunia berjalan kondusif, namun jikaa para Ultras masih tidak mengindahkan keamanan maka tanggung jawab juga harus ditanggung mereka.

“Piala Dunia 2018 bukan ajang ‘perang’ antarsuporter. Anda akan melihat bahwa kami akan mengadakan pesta sepak bola dan jika ada yang ingin berbuat masalah, mereka justru yang akan menghadapi masalah,” jelas Infantino seperti dilansir situs resmi FIFA.

Namun begitu, Rusia selaku tuan rumah dipercaya akan memberikan suasana aman bagi seluruh jajaran tim. Presiden Rusia, Vladimir Putin memang sudah memiliki impian Piala Dunia digelar di Rusia dan sudah dicanangkan persiapannya dengan matang, termasuk keamanan.

“Rusia sangat berkomitmen untuk menggelar Piala Dunia secara aman dan nyaman,” imbuh Infantino.

Baca Juga : Cafu Tak Terkejut Transformasi Milan di Bawah Besutan Gattuso

Yang menjadi kekhawatiran adalah bentrok dari Ultras Inggris dan Rusia, supporter Inggris memang dikenal fanatik dan sempat terjadi rusuh di Piala Eropa 2016 lalu. Belum lagi, hubungan politik kedua negara sedang tidak kondusif imbas tokoh politik Rusia diracuni di Inggris.

“Saya memiliki sedikit pengalaman dalam menggelar acara besar dan saya harus mengatakan bahwa saya belum pernah melihat tingkat persiapan, terutama dalam keamanan, yang dilakukan Rusia di tempat lain,” ungkap Infantino. (Prisil – Beritaboladunia.net)