Pembelaan Ventura Usai Mendapat Cibiran Banyak Pihak

Beritaboladunia.net – Manajer timnas Italia, Giampiero Ventura dituding sebagai sosok yang paling bertanggung jawab atas gagalnya Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Ventura dianggap biang dari segala keterpurukan negaranya namun Ventura tidak tinggal diam, dirinya juga membuktikan tangan dinginnya mampu membuat Italia bangkit.

Italia hanya menempati urutan kedua dalam klasemen Grup G dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Italia kalah bersaing dengan Spanyol yang menjadi juara Grup. Italia pun berpeluang lolos dengan lebih dulu menjalani babak play-off namun sayang Ventura masih belum mampu meloloskan negaranya.

Italia dikalahkan Swedia dalam leg pertama dengan skor 1-0 sementara leg kedua bermain di kandang sendiri hanya bermain imbang tanpa gol, Selasa (14/11). Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 karena kalah agregat 1-0 atas Swedia.

Kegagalan ini menjadi kegagalan sejak tahun 1958 silam, publik Italia pun melontarkan kecaman kepada FIGC selaku Federasi Sepakbola Italia. Ventura dinilai bukan manajer yang pernah menangani tim besar namun ditunjuk FIGC, jam terbang Ventura masih minim dan dianggap tidak cocok menukangi tim sekaliber Italia.

Ventura pun membela diri, sejauh ini Ventura membawa Italia pada 10 kemenangan, empat kali imbang dan tiga kali kalah dalam 17 laga sejak penunjukan dirinya musim panas tahun lalu.

“Tanpa Italia, Piala Dunia itu tidak ada apa-apanya, tapi sayangnya itu terjadi. Apa lagi yang bisa saya lakukan?,” ujar Ventura kepada Le Iene.

“Saya meminta maaf atas hasil ini,” sambungnya.

“Saya setidaknya masih punya hasil yang baik dalam 40 tahun terakhir. Saya cuma kalah dua kali kok,” tutup Ventura.